Sunday 22 April 2018

KUAH TIBEUK KHAS ACEH

Selamat siang untuk semua readers yang kembali datang ke dapur sederhana kami ‘Dapur Kecil’ hehehe. Semoga kabar semuanya baik – baik saja dan bahagia selalu. Mengapa aku membuka artikel ini dengan selamat siang? Karena kebetulan artikel ini di tulis bertepatan di siang yang sungguh sangat panas. Hari ini suhu mencapai 37°c sodara – sodara dan badan rasanya lengket sekali.
Baiklah apa yang akan kami bagikan dari dapur kecil kami hari ini? Hari ini dapur kecil kami kebetulan masak makanan khas Aceh (pastinya) yang sering di jumpai dalam menu – menu pesta pernikahan di Aceh,anyone can guess what is that? Yup.. Kuah Tibeuk. Well, jika penulisannya terlihat agak aneh maka percayalah pengucapannya lebih aneh lagi hahaha. Yang orang Aceh harus tau cara mengucapkan masakan yang satu ini dengan benar. Ehm… tidak tahu apakah masakan ini memiliki nama bahasa Indonesia yang sesuai KBBI(?) atau tidak, yang pastinya orang-orang Aceh menamainya kuah Tibeuk. 
kuah tibeuk (private picture)

Kuah Tibeuk sendiri terbuat dari satu bahan sederhana sebenarnya, yaitu dari bagain dalam Batang pohon pisang. Nah bagi readers yang sudah pernah membelah Batang pisang, maka readers akan menemukan batang mungil berwarna putih bersih. Nah bagian itulah yang digunakan sebagai bahan kuah tibeuk.
Jadi bahan yang kita butuhkan adalah; Batang pisang bagain dalam, kunyit, jahe, jintan manis, jintan ikan, pala, merica bawang putih&merah, cabe merah & cabe kecil, santan, tulang daging/udang.
Pertama – tama potong bagian dalam batang pohon pisang menjadi ukuran kecil, lalu aduk dengan garam, diamkan, setelah itu cuci dengan air bersih. Siapkan bumbu di atas dalam versi yang sudah di blender ya guys.
Kemudian santan yang sudah di peras di masukkan kedalam panci yang sudah di letakkan di kompor, kemudian masukkan bumbu yang sudah di blender beserta batang pisang yang sudah kita cuci bersih tadi. Aduklah pelan – pelan, kemudian masukkan tulang daging atau udang sebagai penambah rasa. Aduk hingga matang.
Biasanya masakan ini sering di jumpai di acara – acara pernikahan orang Aceh. Atau di acara – acara hajatan keluarga. Kuah Tibeuk memang identik dengan acara kenduri. Jadi, jika readers berkesempatan menghadiri pernikah orang Aceh pastilah akan menemukan makanan ini sebagai salah satu menu di meja makan untuk tamu.

private picture
Sampai jumpa di masakan dapur kecil selanjutnya ya~

No comments:

Post a Comment

CEMILAN MALAM INI; MAKAN DONAT MALAM - MALAM

  Dibandingkan memesan makanan dari aplikasi ponsel pintar, rumaku lebih memilih untuk memasak makanan sendiri untuk disantap. Bukan karna...