Sunday 14 October 2018

UPDATE MENU HARI INI; Timphan Bu



Selamat datang kembali di dapur kecil kami hari ini~
Seperti biasa kami akan membagikan menu hari ini di dapur kecil keluarga kami. Ya dapur kami sangat kecil dan sederhana tapi syukurnya selalu berhasil mengisi perut hingga penuh. How is your day pals? Hope you guys will get the greatest week ever. Ya, karna minggu terbaik sepanjang tahun sangat mustahil di dapatkan jika kita masih saja di sibukkan dengan pekerjaan. Oh, maksudku kita memang harus bekerja that’s important, but working under someone else’s order is quite tough.
Jadi, apa menu dapur kecil hari ini?
Well, ini bukan menu utama untuk teman makan siang atau malam, kali ini aku akan berbagi menu camilan yang sering muncul di dapur kecil. Masih berkenaan dengan makanan khas orang Aceh juga, mungkin kalian pernah mendengar Timphan? Makanan khas Aceh yang sering dinikmati di hari – hari besar seperti lebaran. Timphan memang banyak macamnya, ada timpan yang terbuat dari pisang, dari labu, dari ubi, dan banyak jenisnya lagi. Nah, dalam tulisanku kalia ini aku akan memberikan kalian resep Timphan Bu. Dalam bahasa Aceh Bu  berarti nasi. Timphan Bu berarti timphan yang terbuat dari nasi? Seperti itulah gambarannya, tapi tidak benar – benar terbuat dari beras nasi yang sering kita konsumsi untuk makan siang dan malam, melainkan beras pulut yang lebih lengket dibandingkan beras nasi yang kita makan sehari – hari.
Siapa yang tidak suka makan pulut, bahan makanan yang satu ini banyak di gunakan dalam makanan apa saja dan dari suku apa saja di Indonesia. Setiap daerah pastilah memiliki makanan khas yang bahannya terdiri dari beras pulut. Membuat Timphan pulut ini pun sangat mudah, bahan yang kita butuhkan adalah; beras pulut, pisang, santan, gula+garam, dan daun pisang yang sudah di potong – potong petak(dalam ukuran kecil).
Beras pulut di cuci hingga bersih terlebih dahulu, kemudian diaduk dengan santan, gula, dan garam. Setelah di aduk rata, tatakan di dalam daun pisang yang sudah di potong – potong, kemudian beri potongan pisang yang sudah di potong dalam ukuran kecil – kecil. Setelah itu dibungkus dan di kukus selama 20 menit. Timphan Bu siap untuk di santap.
Mudah, kan?

Dapur kecil akan update setiap harinya, jadi pastikan kalian akan kembali lagi ke dapur kecil besok ya.

No comments:

Post a Comment

CEMILAN MALAM INI; MAKAN DONAT MALAM - MALAM

  Dibandingkan memesan makanan dari aplikasi ponsel pintar, rumaku lebih memilih untuk memasak makanan sendiri untuk disantap. Bukan karna...