Tuesday 16 October 2018

UPDATE MENU HARI INI; Ikan Sisa



First of all I know the title little bit gross or sounds weird but this is kitchen hack I think hehe. Ketika aku tinggal terpisah karena harus melanjutkan studi selama 5 tahun aku selalu membiasakan diri untuk masak sendiri. Selain merupakan salah satu metode penghematan masak sendiri juga dapat mengurangiku untuk mengonsumsi Junk Food secara berlebihan. Menjadi pribadi yang tidak lihai memasak membuatku harus sering bertanya ini – itu kepada ibu tiap kali ingin memasak. Dan ibu memberiku cara mudah yang satu ini; memanfaatkan ikan sisa.
Ikan sisa maksudnya ikan goreng atau ikan panggang yang tidak habis di makan dalam satu hari biasanya akan menjadi menu yang membosankan untuk di nikmati esok harinya. Jika punya mesin pendingin pastilah bisa di simpan, tapi kebetulan aku tidak di fasilitasi kulkas selama 5 tahun saat itu, semua bahan makanan dibeli dan langsung di masak. Bagaimana jika ada ikan sisa dan muak untuk dijadikan menu esok hari? ibu menyurukku untuk menumisnya dengan cabai merah, tomat, dan juga bawang.
Seperti menu hari dapur kecil hari ini, masakan andalan zaman jadi anak kos dulu hadir sebagai menu makan siang kami hari ini. Jadi, kemarin menu dapur kecil kami adalah ikan panggang dan sayur sawi lemak. Seperti biasanya setiap kali memanggang ikan memang tidak langsung habis sekali duduk, harus ada ide untuk mengolah ikan panggang sisa untuk menu hari esok.
Hari ini ikan panggang yang kemarin kami santap di ubah menjadi ikan Sarden olahan rumah hehehe, aku sebut ikan Sarden karena warna sambal dan baunya agak sama dengan Sarden kalengan yang sering aku makan ketika saat – saat genting jaman kuliah dulu. Langsung saja deh bahan yang harus kita sediakan adalah:
Cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat. Semuanya di rebus terlebih dahulu, jangan sampai hancur, rebus sampai semuanya tampak lembam. Kemudian di blender.
Setelah itu ikan panggang sisa yang akan kita masak terlebih dahulu di pisahkan dari tulang – tulangnya ya kawan, pisahkan dari tulangnya agar ketika di konsumsi sambal tidak terkontaminasi dengan tulang – belulang.
Kita tumis sambal dengan terlebih dahulu menggoreng daun salam dan serai yang sudah di penyetkan, tumis sebentar kemudian langsung masukkan bumbu yang sudah di blender, setelah itu baru kita masukkan ikan panggang yang sudah kita bersihkan tulangnya tadi. Untuk rasa garam dan gula atur sesuai selera.
Dan ikan Sisa di rumah tidak mubazir deh~~~~ tapi maaf ya kawa untuk postingan kali ini tidak ada foto.


No comments:

Post a Comment

CEMILAN MALAM INI; MAKAN DONAT MALAM - MALAM

  Dibandingkan memesan makanan dari aplikasi ponsel pintar, rumaku lebih memilih untuk memasak makanan sendiri untuk disantap. Bukan karna...