Tuesday 9 October 2018

Kuah Asam Keu-eung Khas Aceh


Assalamualaikum pembaca yang berbahagia~ apa kabar hari ini? Semoga baik selalu dan menanti kehadiran dapur kecil kami di sini. Ok first of all I know I need to make apologize because I always take a long break, as I said I still can’t devide between writing time and my real work. Tapi, mulai dari sekarang aku bertekat untuk menulis satu menu dalam satu hari. Jadi, sering – seringlah berkunjung ke dapur kami ya teman – teman~
Ok, seperti judul di atas hari ini aku kembali dengan makanan yang judulnya cukup aneh hehehehe. Ini salah satu masakan khas orang Aceh, untuk orang Aceh di luar sana coba sesekali masukkan menu yang satu ini dalam menu dapur anda sehari – hari pasti amat sangat menyenangkan (?)
Berbicara kuah Asam Keu – eung pastilah berbicara soal asam sunti. Seperti yang teman – teman ketahui asam sunti terbuat dari buah belimbing yang di jemur dan di awetkan dengan garam. Orang Aceh pastilah tahu asam sunti walaupun tidak pernah membuatnya secara langsung di rumah. Asam sunti biasa juga di jual di pasar – pasar traditional di aceh, tapi keluarga  dapur kecil seringnya langsung buat sendiri.
Banyak mungkin dari orang – orang yang sering menyianyiakan buah belimbing yang tumbuh di depan rumah mereka, tetapi apakah kalian tahu bahwa kasiat belimbing sangat banyak. Buah kecil yang rasanya sangat asam ini memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Secara tradisional belimbing wuluh sering di gunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk, diabetes, rematik, gonodngan, sari awan, sakit gigi, gusi berdarah, sampai tekanan darah tinggi.
Beberapa cara meramu buah belimbing wuluh untuk penyembuhan penyakit seperti obat diabetes: ambil beberapa buah belimbing wuluh, kemudian di lumatkan sampai hancur, lalu di rebus dengan segelas air hingga airnya hanya tersisa setengah. Setelah itu saring dan dapat di konsumsi.
Tidak hanya untuk obat, belimbing wuluh juga dapat digunkana untuk bumbu masak. Seperti Kuah  asam Keu – eung asal Aceh yang satu ini. Bumbu yang harus di siapkan adalah;
Bawang putih, bawang merah, kunyit, cabe kecil, cabe merah, ketumbar dan lada. Untuk ikan biasanya kami sering memasaknya dengan ikan tongkol.
Bumbu yang sudah di siapkan di blender sampai halus. Kemudian dimasak dengan ikan yang sudah di bersihkan dan di beri garam. Untuk pilihan ikan, kalian bisa mencoba dengan ikan apa saja yang menurut kalian enak. Ikan yang sering kalian nikmati bersama keluarga.
Karna keluarga kami suka makan asam dan pedas biasanya kami menambahkan beberapa potong buah belimbing wuluh yang dipotong – potong kasar  ke dalam kuah. Masak hingga matang. Kuah siap di nikmati.  



No comments:

Post a Comment

CEMILAN MALAM INI; MAKAN DONAT MALAM - MALAM

  Dibandingkan memesan makanan dari aplikasi ponsel pintar, rumaku lebih memilih untuk memasak makanan sendiri untuk disantap. Bukan karna...