Monday 8 January 2018

KUAH TUHE



Sebelumnya dapur kita mengucapkan Selamat baru tahun baru bagi para pembaca setia dapur kecil, semoga di tahun 2018 dapur kecil bisa lebih baik dari tahun 2017. Dan semoga blog dapur kecil semakin banyak pembaca dan  semakin mampu memberikan banyak inspirasi masakan masakan dapur rumahan bagi para pembacanya. Amin...
Untuk kali ini dapur kecil akan membahas makanan yang berkuah lebih kurang seperti kolak. Nah  kalau dari pembaca blog dpur kecil ada yang berasal dari aceh pasti pernah dengar nama makanan ini “kuah Tuhe” orang aceh biasanya mengatakannya dengan sebutan ini. Makanan berkuah ini biasanya di sajikan untuk makanan pembuka dan termasuk kedalam makanan ringan.
Bagi pencinta kolak,atau penyuka makanan yang bekuah santan manis. Makanan ini sangat  tepat menjadi bahan eksperimen bagi para pembaca. Selain dapat di sajikan dalam keadaan apa saja baik formal amaupun non formal, dan bisa di santap pagi,siang, ataupun di sore hari. Bahan yang di gunakan pun tidaklah banyak. Pada dasarnya makanan berkuah banyak di sukai  orang – orang tau, tapi jujur saja keluarga saya sangat menyukai makanan ini.
Private Picture

Berikut bahan – bahan apa saja yang di butuhkan :
-          Beras pulut
-          Santan
-          Gula
-          Garam
-          Potongan nangka atau pisang jika dibutuhkan
-          Daun pisang
Sederhana saja bukan bahannya dan mudah untuk di dapatkan. Selanjutnya cara membuat kuah tuhe. Pertama –pertama kita harus memasak beras pulut setengah matang seperti nasi dengan memasukkan santan,gula ,garam secukupnya.setelah itu beras pulut setengah matang di bungkus dengan daun pisang berbentuk segi tiga, kemudian di kukus hingga matang lebih kurang 45 menit. Setelah itu baru kita memasak kuah santannya untuk melengkapi menunya.masak santan sebagai kuahnya (ukuran kuah sesuai dengan banyaknya pulut yang di buat atau di tentukan misalnya satu kelapa), kemudian masukkan garam secukupnya, gula sampai terasa manis yang di inginkan dan jika ingin mengkobinasikan kuahnya dengan manambahkan potongan nagka atau pisang juga boleh biar lebih nikmat, masak hingga kuahnya matang.cara penyajiannya untuk kuah tuhe ada beberapa cara tergantung selera. Ada  yang suka memasukkan langsung pulut kukus matang yang masih terbungkus daun pisang di satukan kedalam kuahnya atau di pisahkan dan di satukan pada saat di makan sesuai dengan porsi dan siap untuk di santap.
Semoga masakan kali ini bisa memberi informasi yang berguna bagi para pembaca dan jangan lupa untuk mencoba.
~~~~~~~~~~~selamat mencoba.~~~~~~~~~~

No comments:

Post a Comment

CEMILAN MALAM INI; MAKAN DONAT MALAM - MALAM

  Dibandingkan memesan makanan dari aplikasi ponsel pintar, rumaku lebih memilih untuk memasak makanan sendiri untuk disantap. Bukan karna...