Monday 29 January 2018

BAKSO BAKAR



Comeback again in Dapur Kecil, and I just wanna say thank you for stop by in our little kitchen .

Sebagai salah satu anggota keluarga  yang sering ber-eksperimen di dapur kecil kami, terkadang saya suka mangkir dari dapur untuk bereksperimen dan malah makan jajanan luar. Yah, walaupun punya dapur sendiri mencoba hasil dapur orang juga tidak salah, bukan?
Nah, tiba – tiba saja saya terpikir untuk menuliskan artikel yang berisi jajanan – jajanan luar. Jajanan yang sederhana yang harganya sesuai di ongkos tapi memuaskan.

Bertambahnya usia, saya atau setip orang di luar sana pasti mengusung ‘Hidup Sehat’ dengan mengatur menu maknan – makanan sehat ke dalam list sehari – harinya. Tapi, tidak dapa dipungkiri bahwa kita pernah menjadi anak sekolah, ataupun mahasiswa yang suka jajaan junkfood. Well, you can’t against my words we have been micin generation at least once hehehehehe.

Berbicara tentang junkfood, saya teringat dengan jajanan  yang sering markir di depan kompleks Sekolah Dasar  dekat tempat kerja. Ada siomay, gorengan, sosis goreng, bakso bakar dan banyak lagi. Tidak dapat saya pungkiri bahwa terkadang jajanan sekolahan semacam ini yang paling dirindukan mulut tiap jam istirahat kantor. Nah, salah satu andalan saya adalah BAKSO BAKAR. 

private picture
 
Jika para reader orang Sumater, lebih tepatnya berdomisili di Aceh pasti tidak mungkin tidak kenal dengan jajanan yang satun ini. Sudah terlihat jelas dari namanya, bahan dasar jajanan ini memanglah bakso, tanpa bakso makanan ini tidak akan dapat terujud hehehehe. Jaid, bakso yang di tusuk pada lidi tusuk sate di bakar di atas arang, tentunya dicampur dengan bumbu – bumbu ajaib agar rasanya terasa lebih menggoda. Untuk masalah bumbu, masing – masing penjual punya ciri khas masing – masing,  ada yang hanya membakarnya dengan saos dan kecap saja, ada yang menambahkan bumbu – bumbu lainnya seperti sambal bumbu kacang misalnya.

Favorit saya adalah bakso bakar yang di lumuri sambal kari, dibakar dengan saos dan tambahan  kecap. Ini bakso bakar yang sering markir di depan komplek Sekolah Dasar dekat kantor saya bekerja. Rasa bumbu kari yang meresap dan menyatu dengan daging bakso itu meimbulkan rasa mantap tersendiri. Selain itu, setah di bakar bakso bakar yang biasanya terdiri dari empat butir bakso dalam satu tusuk ini di taburi bawang goreng atau tepung kriuk. Karna merupakan salah satu jajanan yang target pasarnya anak sekolah harga yang dipatokan juga terjangkau denga kantong anak sekolahan, satu tusuknya seharga Rp. 1.000 saja.

Bakso bakar ini juga bisa di buat sendiri dirumah loh. Jika kamu mau lebih higeinis kamu bisa mencobanya sendiri di rumah dengan bakso olahan dapur sendiri, selain itu kamu juga bereksperimen dengan bumbu – bumbu baru yag mungkin bisa kamu rajik untuk bakso bakar ala dapur rumah sendiri, siapa tahu kamu bisa menemukan resep ajaib dengan rasa yang berbeda. Berinovasi dengan jajanan kaki lima adalah salah satu hal yang cukup kreatif menuru saya.

So, shall we try?

No comments:

Post a Comment

CEMILAN MALAM INI; MAKAN DONAT MALAM - MALAM

  Dibandingkan memesan makanan dari aplikasi ponsel pintar, rumaku lebih memilih untuk memasak makanan sendiri untuk disantap. Bukan karna...