Monday 15 January 2018

SAYUR URAP



Hari libur, hari yang panjang yang di nikmati oleh semua orang di belahan dunia, yach seperti juga dapur kecil. Akhir pekan minggu ini dapur kecil ingin rasanya bereksperimen dengan daun daun segar yang di dapat dari pasar unruk di jadika sayur pelengkap menu siang. Setelah berfikir keras sayur apa yang akan di eksperimen kali ini, dan akhirnya dapur kecil  menyimpulkan akan bereksperimen membuat Sayur Urap, mungkin bagi sebahagaian pembaca pernah mendengar atau bahkan pembaca pembaca pernah juga membuat sayur mayur ini. Sayur yang di dalam nya berisikan beberapa jenis sayur -sayuran yang di satukan menjadi satu masakan yang simple dan mudah untuk di sajikan . tak perlu berlama lama lagi, mari kita siap kan bahan-bahan yang di butuhkan.
Bahan bahan yang harus di sediakan untuk membuat Sayur Urap ala dapur kecil : pertama dan paling utaman adalah sayur- sayuran yang akan kita satukan. Sayur - sayuran ini tidak di tentukan tergantung selera yang memasaknya. Dan dapur kecil akan menggabungkan sayur- sayuran seperti toge, daun ubi,kacang panjang,dan daun kates. Dan untuk bahan pelengkap yang paling utama adalah: kelapa yang sudah matang di parut,kencur,daun salam,daun jeruk,sere,cabe merah, bawang merah,bawang putih, asam jawa,gula jawa, minyak makan dan garam.
Cara membuat Sayur Urap. Pertama pertama sayur –sayuran yang akan di satukan terlebih dahulu kita rebus hingga setengah matang, mengapa harus setengah matang?, agar sayur –sayuran itu tetap segar saat di santap.
setelah kita merebus sayur –sayuran tersebut. Sekarang kita akan mengolah kelapa parutnya. Pertama kita haluskan bahan bahan seperti kencur,jabe merah, bawang merah, bawang putih dan sere menjadi satu bumbu halus, kemudian tumis daun salam dan bumbu yang sudah di haluskan dengan minyak makan sampai mengering airnya, kemudian masukkan kelapa yang di parut tadi kedalam bumbu yang di tumis tadi beserta asam jawa,gula jawa secukupnya dan garam secukupnya aduk sampai bener -bener rata hingga masak.
Private Picture
Cara menyajiannya sayur – sayuran yang sudah di rebus tadi di tiriskan hingga kering. Nah untuk  sayur sayuran seperti daun ubi dan kacang panjang sebaiknya di potong –potong sesuai selera. Lalu satukan sayur sayuran itu di satukan dengan kelapa yang sudah di masak menjadi satu.dan Sayur Urap  ala dapur kecil siap untuk di sajikan dan di santap sebagai menu pelengkap di siang hari.

No comments:

Post a Comment

CEMILAN MALAM INI; MAKAN DONAT MALAM - MALAM

  Dibandingkan memesan makanan dari aplikasi ponsel pintar, rumaku lebih memilih untuk memasak makanan sendiri untuk disantap. Bukan karna...